Tuesday, 29 September, 2020

Rekomendasi Saham untuk Profil Risiko Moderat



Ajaib.co.id – Untuk mengetahui rekomendasi saham untuk profil risiko moderat, kamu harus tahu dahulu apakah kamu adalah seorang investor dengan profil risiko moderat.

Sebagai seorang investor pemula mungkin kamu belum cukup paham soal profil risiko investor. Jika kamu mampu mengenali dirimu sendiri, kamu akan lebih mudah memilih dan yakin betul dengan investasi apa yang kamu pilih.

Ini juga akan berpengaruh terhadap kondisi psikologismu. Jadi, tidak perlu menjadi orang lain, kamu hanya perlu menjadi diri sendiri.

Apa Sajakah Profil Risiko Investor Itu?

Rekomendasi saham untuk profil risiko moderat akan kita bahas di sini. Umumnya, profil risiko ini ada tigas jenis yang terdiri sebagai berikut:

1.    Profil Risiko Investasi Konservatif

Investor yang termasuk ke dalam konservatif ini sosoknya cenderung bermain aman. Mereka lebih memilih investasi dengan jenis nilai yang fluktuasinya tidak begitu besar, dalam arti cenderung stabil, risikonya rendah, dan ia juga bisa menyadari bahwa keuntungan yang didapatkannya tidak begitu tinggi.

Pada intinya, investor konservatif mendapatkan keuntungan melebihi dari modal yang ia targetkan saja sudah cukup.

Investor seperti ini memang ada, biasanya mereka baru belajar tentang investasi. Namun, tidak menutup kemungkinan sosok yang sudah berkecimpungan di dunia investasi cukup lama, ada yang masih memegang prinsip ini.

Sosoknya cenderung sangat berhati-hati dalam mengeluarkan modal. Kamu juga perlu meneladani profil risiko konservatif ini yang berpikir cukup banyak sebelum akhirnya memutuskan investasi apa yang cocok untuknya.

Menyangkut uang pribadi kamu harus mengeluarkannya secara bijaksana dan terarah. Tidak ada salahnya mereka seperti itu karena seperti yang sudah disebutkan di atas, hal ini sangat bergantung pada sisi psikologis si investor.

Sementara itu karena kamu adalah seorang pemula, kamu diharuskan tidak terburu-buru dalam berinvestasi. Belajar dari awal terlebih dahulu, dari posisi ini kamu akan memulai segalanya, dan nanti akan naik secara bertahap.

Instrumen investasi yang biasanya dipilih seorang investor dengan profil ini adalah deposito, obligasi yang dikeluarkan oleh pemerintah, investasi logam mulia, dan ada juga yang berani masuk ke reksa dana yang punya risiko paling rendah.

Mereka tidak berani masuk ke pasar modal saham karena risikonya yang tinggi, walaupun keuntungan yang akan dimiliki bisa jauh lebih besar.

2.    Profil Risiko Investasi Moderat

Profil risiko investasi moderat adalah investor yang sudah memiliki pengetahuan dan ilmu yang cukup tentang investasi. Ia juga sudah berani mengambil risiko, walaupun masih cenderung mengambil langkah aman.

Rekomendasi saham untuk profil risiko moderat ini biasanya saham dalam bentuk reksa dana. Namun, ada juga yang beranggapan bahwa reksa dana saham itu risikonya terlalu besar sehingga mereka lebih memilih reksa dana campuran yang risikonya lebih rendah.

Mereka yang punya profil risiko moderat belum berani masuk ke pasar modal karena risikonya yang sangat besar. Jadi, mereka akan bermain aman. Hal itu cukup wajar karena saham fluktuasinya sangat tinggi, lalu banyak hal yang harus dipelajari dulu sebelum benar-benar terjun di dalamnya.

Berinvestasi di reksa dana cenderung lebih rendah risikonya karena kamu tidak akan berjalan sendirian. Ada Manajer Investasi yang akan membantumu memasukkan modal yang kamu tanam di berbagai reksa dana yang menurutnya bagus.

Kamu akan merasa aman karena tidak bekerja seorang diri karena mendapatkan bantuan dari Manajer Investasi yang sudah dikenal ahli dalam memilih instrumen reksa dana yang tepat.

Tinggal kamu saja yang harus pintar memilih Manajer Investasi yang bekerja secara profesional dan tidak melakukan penipuan. Untuk memilihnya kamu perlu melakukan riset secara mendalam dulu dengan melihat proyek-proyek yang telah dilakukannya.

Selain reksa dana, profil risiko moderat juga bisa memilih obligasi yang dikeluarkan oleh perusahaan. Tidak hanya pemerintah, obligasi yang dikeluarkan oleh perusahaan juga bisa menguntungkan. Hanya saja obligasi perusahaan ini lebih memiliki resiko yang tinggi.

3.    Profil Risiko Investasi Agresif

Profil risiko investor agresif adalah mereka yang berani mengambil risiko untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Mereka biasanya berinvestasi di pasar modal. Bisa memilih investasi saham jangka panjang maupun jangka pendek.

Mereka yang sudah termasuk ke dalam profil ini biasanya sudah punya pengetahuan investasi yang cukup, lalu tidak masalah jika melihat saham harganya turun karena hal itu adalah yang biasa.

Jadi, mereka bukan asal masuk ke pasar modal, tapi sudah tahu risiko apa saja yang akan dihadapi sehingga punya persiapan juga.

Mereka dikenal sebagai sosok yang menganggap wajar modalnya hilang ketika memilih saham yang kurang tepat atau uang hilang karena keadaan ekonomi sedang memburuk. Namun, mereka akan mudah bangkit kembali untuk memulai dari awal lagi.

Mereka beranggapan kehilangan modal adalah hal yang bisa diambil sisi positifnya, yaitu bisa dijadikan sebagai pelajaran. Setelah itu biasanya mereka akan lebih berhati-hati tanpa takut mencoba lagi.

Selain saham, investor dengan profil risiko agresif juga memilih investasi properti dan investasi di reksa dana saham. Jadi, rekomendasi saham untuk profil risiko moderat itu kurang tepat karena yang ada profil agresif yang sering melakukannya.

Tidak ada yang salah dengan memilih menjadi yang mana. Yang terpenting kamu sudah bisa mengenali dirimu dengan baik.

Jika kamu ingin investasi saham jangka pendek atau trading saham dan investasi di reksa dana, kamu bisa mengandalkan Ajaib sebagai mitramu. Jangan ragu menghubungi kami untuk keterangan lebih lanjut.





Source link

0 comments on “Rekomendasi Saham untuk Profil Risiko Moderat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *