Tuesday, 29 September, 2020

Sepak Terjang Bisnis Sepatu Brodo Produk Asli Indonesia



Ajaib.co.id – Sepatu Brodo merupakan salah satu produk merek dari Brodo Indonesia. Brodo sendiri dikenal sebagai perusahaan fashion khusus pria yang berpusat di Bandung.

Awalnya terbentuk karena masalah personal, yaitu salah satu pendirinya kesulitan mencari sepatu yang punya ukuran 46. Lalu, ia juga kepikiran dengan produk-produk asli Indonesia yang mendunia.

Sepertinya belum ada merek sepatu lokal yang mampu menembus pasar internasional. Akhirnya pada tahun 2010, bisnis Brodo pun mulai berjalan.

Dari Masalah Personal hingga Membangun Bisnis yang Pertumbuhannya Pesat

Ada yang mengatakan jika kamu tidak menemukan solusi permasalahan dengan meminta bantuan orang lain, kamu harus bisa memecahkan masalahnya seorang diri. Itulah yang dilakukan Yukka Harlanda ketika kesulitan menemukan sepatu berukuran 46.

Yukka akhirnya membuat sepatu itu sendiri dan memproduksinya secara massal untuk diperjualkan. Bersama dengan rekannya Putera Dwi Karunia, ia membangun bisnis sepatu Brodo dari bawah sekitar sepuluh tahun yang lalu. Mereka dulunya bersekolah di jurusan teknik di Institut Teknologi Bandung.

Perjalanannya memang cukup panjang. Mereka mengawali bisnisnya dengan merek Brodo Footwear dan menjual produknya langsung pada konsumen, yaitu dengan mendirikan outlet-outlet yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia.

Pendirian outlet ini tentu saja tidak langsung jadi begitu saja. Butuh bertahun-tahun untuk mewujudkannya.

Diawali dengan Modal di Bawah Rp10 Juta

Siapa yang menyangka bisnis sepatu Brodo diawali dengan modal yang cukup minim hanya sekitar Rp7.000.000. Dengan modal itu, mereka membuat sepatu kulit khusus pria berjumlah 40 pasang.

Waktu itu mereka belum memiliki toko, jadi sepatu-sepatu itu dijual melalui Kaskus, Facebook, dan Blackberry Messenger yang kala itu sedang populer. Penjualannya pun lumayan hingga setahun kemudian mereka bisa bekerja sama dengan outlet lain untuk memasarkan produknya.

Mereka bekerja sama dengan perusahaan retail The Goods Dept dan beberapa distro dan outlet yang ada di Bandung dan Jakarta. Cara ini terhitung tepat karena keuntungan yang mereka dapatkan semakin bertambah.

Di Indonesia sendiri produk lokal sepatu pria berbahan kulit itu masih jarang dibandingkan dengan merek yang memproduksi sepatu khusus wanita sehingga potensi bisnis ini cukup besar.

Tahun 2012 Dapat Dana dari Investor dan Semakin Besar

Sepatu Brodo berhasil berekspansi besar-besaran ketika seorang investor bernama Christoper Angkasa menyuntikkan dana untuk mereka. Setelah itu mereka berkembang semakin pesat hingga berhasil menambah beberapa outlet di luar Bandung.

Ini adalah kemajuan yang sudah lama diimpikan oleh para pemiliknya. Apa yang dilakukan oleh CEO sepatu Brodo ini sangat tepat, mengincar investor untuk membantu mereka menjadi lebih besar.

Kebanyakan bisnis-bisnis yang awalnya kecil, lalu menjadi besar bisa karena memiliki strategi seperti itu. Memilih investor yang tepat adalah salah satu kuncinya.

Mencari investor ini tidak harus masuk ke pasar modal dulu, kamu hanya perlu menemukan investor yang tertarik dengan bisnismu, dan bersedia mengeluarkan uang dengan perjanjian tertentu.

Setelah mendapatkan modal yang cukup besar itu, sepatu Brodo mulai melakukan berbagai macam inovasi. Inilah yang seharusnya pebisnis lakukan. Menjalankan amanah dengan baik dengan langsung menggunakan investasi itu untuk berbisnis.

Mereka mulai memproduksi produk-produk lain seperti tas, kaos, dan dompet khusus pria. Jadi, produknya tidak hanya mengandalkan koleksi sepatu kulit saja. Sepatu-nya pun sekarang dibuat jadi lebih beragam, mereka juga menjual sepatu sneakers pria.

Walaupun sudah melakukan ekspansi, mereka tidak menurunkan ciri khas dan segmentasinya karena itu sudah melekat pada mereka dari awal ada.

Brodo Indonesia tetap memproduksi produk fashion yang dikhususkan untuk pria. Lalu, akhirnya mereka berhasil mendirikan outlet sendiri. Tidak hanya berada di Bandung, outlet itu juga ada di kota besar lainnya seperti di Jakarta, Bekasi, Yogyakarta, dan Surabaya. Bukan tidak mungkin jika outlet-nya akan hadir juga di luar Pulau Jawa.

Tidak hanya toko fisik, Brodo Indonesia juga membangun website e-commerce yang memudahkan pembeli dari mana saja untuk membeli produk mereka. Wesbite ini terus dikembangkan sehingga nyaman digunakan saat berbelanja.

Mereka juga mengikuti tuntutan zaman karena sebagian besar konsumen mereka adalah milenial yang paling senang berbelanja melalui internet.

Setelah mendapatkan investasi, mereka langsung mengeksekusi ide ekspansi secara rapi. Walaupun perlahan, tapi dilakukan dengan perencanaan matang sehingga membuatnya berhasil.

Brodo Menerima Berbagai Penghargaan

Pada tahun 2015, Brodo mendapatkan penghargaan sebagai Indonesia Most Creative Companies oleh Majalah SWA. Lalu, prestasi itu semakin berlanjut ketika Brodo berhasil menjadi sepatu resmi dari PSSI pada tahun 2017.

Dulu mungkin produk Brodo hanya dikenal di Bandung, tapi karena hal itu pun membuat nama Brodo semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Setelah itu Brodo melakukan dua fokus penjualan. Satu di website dan di outlet yang sama-sama mendatangkan keuntungan pada mereka.





Source link

0 comments on “Sepak Terjang Bisnis Sepatu Brodo Produk Asli Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *