Tuesday, 29 September, 2020

Tips Mudah Membuat Laporan Perubahan Modal



Ilustrasi laporan perubahan modal
Ilustrasi laporan perubahan modal

Ajaib.co.id- Sekarang sudah tidak asing ya melihat banyak orang ataupun kamu jualan dan dipromosikan lewat media sosial atau medsos. Namun jangan dikira membuat usaha semudah yang dibayangkan. Bila kamu memang serius, kamu perlu melakukan beberapa hal awal seperti memahami laporan posisi keuangan. Ada banyak jenisnya salah satunya laporan perubahan modal.

Jadi laporan perubahan modal itu salah satu dari bagian laporan keuangan. Secara umum, belum semua pengusaha paham pentingnya dan bagaimana cara membuat laporan ini. Padahal adanya laporan keuangan ini adalah faktor yang cukup penting. Laporan ini juga menentukan gimana nasib usaha bahkan termasuk kamu yang lagi merintis bisnis kecil-kecilan secara online.

Kebanyakan pelaku usaha tidak menyusun laporan perubahan modal karena tak memahami gimana cara membuat dan menyusunnya. Tapi ada juga sebagian orang berpikir bahwa laporan ini tidak dibutuhkan dalam pengelolaan usaha mereka.

Sebuah laporan keuangan baik berupa laporan perubahan modal, laporan laba rugi, arus kas, sampai neraca merupakan hal yang penting sekali. Kamu bisa memantau bisnis dengan menghitung bagaimana perkembangan usaha yang sedang dijalankan dengan melakukan pengecekan laporan tersebut. Umumnya perusahaan memiliki sistem ini.

Ada banyak fungsi dan manfaat ketika kamu menyusun laporan terkait modal ini. Pertama, bisa merangkum informasi dari nilai investasi, aktivitas pembayaran dan nilai dana yang telah didapat selama satu periode usaha. Kedua, kamu bisa mengetahui perubahan modal dari awal periode hingga sekarang.

Laporan perubahan modal ini berfungsi untuk menyajikan progres untuk membantu pemilik memahami modal perusahaan yang berhubungan dengan laba dan rugi bersih yang didapatkan. Lalu bagaimana cara untuk membuat laporan perubahan modal?

1.Pahami Unsur Penting dalam Laporan Perubahan Modal

Pertama, kamu perlu memahami unsur-unsur yang berkaitan dengan laporan keuangan jenis ini. Ada beberapa unsur yang harus dipenuhi, diantaranya modal awal yang dimiliki serta perubahan kebijakan akuntansi yang diterapkan.

Kemudian harus ada nilai saldo yang kembali ditampilkan untuk diatribusikan kepada para pemilik saham, adanya dividen, perubahan dari modal saham awal,dan tentunya perhitungan laba dan rugi yang sudah kamu dihitung. Hal ini bermanfaat untuk memahami unsur-unsur sehingga memudahkan untuk membuat dan menyusun informasi dari perubahan modal.

2.  Mengetahui Nilai Modal Awal Usaha

Salah satu hal yang penting adalah mengetahui nilai modal awal. Bagaimana caranya? Modal awal terdiri dari beberapa hal ada berupa perhitungan laba bersih dan laba kotor. Lalu kalau bisnis mendapatkan dana dari investor maka kamu masukan juga dalam modal investasi.

Selanjutnya cantumkan seberapa banyak pengeluaran pribadi yang digunakan, seberapa banyak jumlah modal akhir dan nilai serta laba bersih.

3. Faktor yang Mempengaruhi Besaran Nilai

Jika ingin menyusun laporan perubahan modal maka kamu harus mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi besaran nilai. Faktor-faktor tersebut antara lain mendapatkan jenis tambahan investasi yang bakal menambah jumlah modal yang kamu miliki.

Lalu penting pula memperhatikan bila adanya kerugian maupun laba yang diperoleh dari usahamu. Terakhir jika kamu mengambil modal di situasi yang mendesak. Setelah mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi besaran nilai. Tandanya kamu sudah bisa menyusun laporan tersebut dengan baik.

4.    Pahami Format

Tentunya format dan contoh laporan perubahan modal penting untuk diketahui supaya kamu punya gambaran penyusunannya. Sebagai referensi yang bisa digunakan, penyusunan laporan ini bisa dimulai dengan nilai dan saldo awal yang dimiliki sama usahamu di satu periode.

Lalu pastikan masukan keuntungan dan kerugian yang dialami. Selanjutnya harus jelas juga angka dividen dan penarikan modal. Terakhir harus jelas jumlah atau nilai saldo akhir periode usahamu Nah, nanti kamu bisa cek selisih di antara penambahan dan pengurangan modal.

Dari situlah bisa ditarik kesimpulan dari laporan perubahan modal yang dibuat. Jadi modal akan bertambah kalau terjadi selisih positif antara penambahan dan pengurangan modal. Atau sebaliknya bisnis yang kamu jalani akan mengalami pengurangan modal jika hasil hitung-hitungan selisih dua hal tersebut justru negatif.

Intinya dalam mengatur bisnis meskipun usahamu masih kecil-kecilan juga perlu. Laporan ini untuk mengetahui indikator serta sejauh apa kesehatan perusahaan kamu. Kalau kamu merasa masih kesulitan untuk menyusun laporan ini, kamu gak perlu khawatir. Kamu bisa memanfaatkan teknologi melalui software akuntansi atau mencari formatnya di internet.

Dengan adanya internet tentu semua bisa dimudahkan bukan? Begitu pula bila kamu ingin melakukan investasi. Kamu bisa langsung melakukan investasi melalui aplikasi Ajaib. Mudah dan pastinya bebas repot.





Source link

0 comments on “Tips Mudah Membuat Laporan Perubahan Modal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *