Thursday, 15 October, 2020

Uang Tunai Mulai Tergeser dengan Kebiasaan Cashless



Ajaib.co.id – Keberadaan uang tunai saat ini sudah nyaris digantikan oleh dompet digital yang sekarang semakin banyak pilihannya. Hal itu terjadi karena banyaknya inovasi dompet digital yang hadir dalam negeri.

Lalu, masyarakat juga dapat menerimanya dengan baik. Orang Indonesia memang senang semuanya serba cepat.

Walaupun butuh waktu untuk beradaptasi, tapi Indonesia bisa menerima sesuatu yang baru yang membuat kehidupannya jadi lebih baik. Tidak mengherankan jika masyarakat cashless society perlahan hadir di Indonesia.

Keberadaan uang tunai sebenarnya tetap digunakan oleh masyarakat, tapi ada banyak hal yang berubah jika kita membandingkannya denhan masa-masa sebelum dompet digital dan transfer bank hadir.

Contoh mudah yang kita temui saja, dulu jika kamu ingin membayarkan tagihan telepon dahulu kamu harus ke kantor cabang terdekat untuk membayarnya. Sekarang hal itu tidak perlu dilakukan karena kamu hanya tinggal membayarnya melalui transfer bank atau mengandalkan dompet digital.

Ada hal-hal yang menyebabkan masyarakat cashless society terbentuk di Indonesia. Alasan-alasannya mungkin karena hal ini:

1.    Rasa Takut Membawa Uang Tunai yang Banyak

Jika kamu membawa uang tunai yang banyak dalam tas, biasanya kamu akan takut dan gelisah. Sebisanya menyembunyikan kamu tidak membawa uang tersebut. Kamu akan lebih hati-hati ketika keluar rumah.

Walaupun sudah berhati-hati, tapi hal itu bisa mengganggu konsentrasi. Membawa dana tunai yang banyak bukanlah pilihan yang bagus, apalagi jika kamu sering bepergian di tempat umum yang didatangi banyak orang.

Oleh karena itu kehadiran dompet digital ini bisa mengatasi hal tersebut. Sekarang di dompet digital bisa top up sampai Rp10 juta. Jumlah yang tampaknya terlalu banyak jika dibawa ke mana-mana dalam bentuk tunai. Jadi, kehadirannya bisa membawa rasa aman yang dibutuhkan olehmu.

2.    Mengutamakan Kemudahan

Cashless society ada karena kemudahan yang ditawarkan oleh dompet digital. Kamu bisa mengunduhnya secara gratis di aplikasi yang ada di ponsel pintarmu. Lalu, cara mendaftarnya pun tidak ribet dan tidak bayar pula. Kemudahannya bisa kamu temukan ketika pertama kali kamu mengunduhnya.

Selain itu bentuk aplikasinya juga didesain mudah untuk digunakan. Mungkin awalnya kamu kebingungan, tapi kamu pasti bisa beradaptasi dengan cepat. Desainnya selain menarik juga mengandalkan informasi yang akurat dan tepat sasaran.

Kamu tidak perlu ke mana-mana lagi untuk membayar segala tagihanmu yang banyak itu. Dari dompet digital yang sudah diunduh, kamu bisa membayarnya tanpa harus capek-capek mengantri.

3.    Satu Dompet Digital untuk Semua

Persaingan yang cukup ketat di Indonesia membuat inovasi yang dilakukan dompet digital pun cukup banyak. Kamu dapat membayar segala tagihan kehidupan sehari-hari mulai dari tagihan listrik, internet, telepon, air ledeng, asuransi, tagihan kartu kredit, tagihan pinjaman online, dan lainnya.

Lalu bisa juga digunakan untuk alat bayar di berbagai macam supermarket dan minimarket, membayar untuk perjalanan pesawat, kereta api, dan kapal laut.

Bisa juga sebagai alat bayar untuk bermain game, membeli layanan menonton streaming legal, belanja online, dan masih banyak lagi.

Hanya dengan satu dompet digital kamu bisa melakukan pembayaran apa saja. Kelebihan yang ditawarkan dompet digital memang tidak main-main. Hal itu mereka lakukan untuk menarik perhatian pengguna.

Sekarang pengguna ponsel pintar di Indonesia sangat banyak, yang tinggal di pedesaan pun ada yang menggunakannya. Membuat inovasi seperti aplikasi di ponsel pintar ini adalah hal yang sangat bagus dan prospek ke depannya ada.

4.    Praktis

Penggunaan dompet digital ini membuat semuanya sangat praktis. Kamu tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak.

Hanya dengan mengandalkan ponsel pintar kamu bisa membayar tagihan apa saja. Selain itu ketika membayar pun prosesnya cepat. Jadi, kamu tidak perlu menunggu.

Ketika membayar dengan dompet digital juga kamu tidak perlu mengkhawatirkan soal uang kembalian yang terkadang tidak ada dan sering menjadi masalah. Lalu, ada lagi kembalian yang salah dihitung.

Ini biasanya terjadi ketika kamu menggunakan uang dalam jumlah besar. Dengan membayar menggunakan dompet digital, hal itu bisa dihindari.

5.    Diskon yang Ditawarkan Menarik

Hal ini yang biasanya menarik perhatian pengguna. Sekarang sudah banyak tempat yang bekerja sama dengan berbagai dompet digital dan menawarkan diskon yang menarik.

Biasanya diskon ini bisa membuatmu lebih impulsif dan gelap mata, oleh karena itu harus bisa menahan diri. Diskon yang ditawarkan biasanya selalu ada. Mereka mengadakan diskon karena persaingan yang cukup ketat.

Di balik seluruh kemudahan yang ditawarkannya, masyarakat cashless society harus tahu kekurangan dari uang nontunai ini. Biasanya kamu akan lebih malas menghitung pengeluaran karena semuanya sudah terekam di daftar transaksi.

Jika ingin merencanakan keuangan dengan baik, kamu tetap perlu mencatat apa saja yang sudah kamu belanjakan.

Lalu, sekarang banyak kasus penipuan dan pencurian data yang tentunya akan merugikanmu. Oleh karena itu kamu dituntut harus melek teknologi untuk menghindari kasus ini. Para penipu berhasil mengelabuimu karena ada celah kekuranganmu yang bisa mereka baca.

Kamu juga harus tahu jenis-jenis penipuan yang sering terjadi. Jangan memberikan informasi penting seperti nomor OTP, PIN, atau password ke orang yang tidak dikenal.

Pihak bank atau pihak perusahaan dompet digital saja tidak akan pernah menanyakan hal itu ketika kamu mengalami gangguan. Jadi, kamu perlu berhati-hati.

Masyarakat cashless society Indonesia semakin hari semakin banyak. Mungkin suatu saat nanti pemakaiannya akan lebih luas lagi, mengingat dompet digital ini masih bisa berkembang lagi. Yang penting kamu mampu menggunakannya secara bijaksana.





Source link

0 comments on “Uang Tunai Mulai Tergeser dengan Kebiasaan Cashless

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *