Wednesday, 21 October, 2020

Ucok Durian Medan Bagi Tips Biar Jalan Bisnis Selalu Manis



Sumber: seuramoeaceh.com

Ajaib.co.id – Beberapa bulan belakangan ini banyak karyawan diberikan surat oleh perusahaan. Surat putih bersih dengan amplop berwarna senada. Tak lain tak bukan, teruntuk puluhan bahkan ratusan orang penerima surat pemutusan hubungan kerja (PHK). 

Terjadinya PHK besar-besaran adalah sebagian saja dampak dari terjadinya COVID-19 bagi negara-negara yang terpapar. Masih ada persoalan kesehatan dan pendidikan yang sama-sama masih harus diupayakan.

Lalu apakah kamu salah satu yang terkena keputusan dirumahkan atau PHK? Jika iya, coba untuk jernihkan pikiran dan tetap semangat ya. Awalnya bersedih hati, boleh saja. Tapi hidup harus terus berjalan bukan?

Bisnis atau usaha sampingan bisa jadi salah satu jalan keluar bagi kamu untuk membantu perekonomian. Walau sekarang beberapa bisnis sedang down, jangan berkecil hati, bisnis yang untung besar juga banyak loh. 

Contohnya, bisnis masker kain yang saat ini sedang hits. Masker kain tak butuh modal terlalu banyak. Kamu bisa dapat cuan, asal berusaha dan pandai temukan peluang.

Namun sebelum membuka bisnis, Ajaib menyarankan untuk kamu belajar dan banyak cari ilmu. Tentunya ini berguna saat kamu menjalankan bisnis nanti.

Tips Bisnis dari Ucok Durian Medan Pengusaha Durian Asal Padang

Fakta mengejutkan pemilik Ucok Durian Medan, penjual durian paling terkenal di Kota Medan, aslinya adalah orang suku Minang bukan Batak. Ia adalah Zainal Abidin Chaniago. 

Bisnis jual durian ini sudah ia geluti dari sejak 34 tahun silam. Berawal hanya menjual durian dengan sebuah lapak di pinggir jalan, hingga sekarang jadi lokasi beli dan santap buah durian paling viral. Bahkan Presiden Jokowi beserta keluarga pernah singgah dan menikmati durian disini.

Sehingga tak diragukan lagi ilmu bisnis milik Bang Zainal, begitu sapaannya. Karena sudah rasakan pahit-manis jalan bisnis hingga berbuah laris selama puluhan tahun. 

Mengutip dari berbagai sumber, Ajaib telah merangkum beberapa ilmu bisnis dari Bang Zainal, untuk pebisnis pemula atau mereka yang mau kembangkan bisnisnya.

1. Usahakan Layanan yang Diberikan selalu Memuaskan

Apapun yang berasal tulus dari hati, tentulah akan mudah sampai juga ke hati. Nasihat ini sepertinya sesuai dengan pelayanan yang Ucok Durian Medan berikan untuk semua para pelanggannya.

Bertempat di Jl. KH. Wahid Hasyim No. 30-32, Kota Medan. Ucok Durian Medan buka 24 jam tanpa tutup. Penikmat King of The Fruits (durian) tak perlu khawatir toko tutup, bila sewaktu-waktu ingin makan durian. 

Kemudian walau dianggap sebagai big boss atau bos besar, Bang Zainal masih tidak ragu untuk berikan layanan langsung ke customer. Dengan gesit dan gaya bahasa yang ramah, ia menyapa, mencarikan dan mengupas buah durian yang diinginkan oleh pelanggan.

2. Selain Pelanggan, Karyawan juga Wajib Diperhatikan

Untuk urusan karyawan, Bang Zainal juga sangat memperhatikannya. Manajemen perusahaan dibentuk secara baik. Standar pelayanan dan job desk juga tersedia. Sehingga karyawan dapat bekerja dengan alur yang efektif dan efisien.

Begitu juga dengan urusan kesejahteraan (gaji), dapat dikatakan Bang Zainal cukup royal dengan masalah ini. Pegawai Ucok Durian mendapat gaji perbulannya bisa sampai Rp2,5 – 3 juta. 

Karena menginginkan jalan bisnis yang manis tak mungkin dilalui seorang diri. Kerja tim yang baik adalah utamanya. Dan pebisnis yang bijak adalah ia yang mampu men-support dan memperlakukan karyawannya secara bijak juga.

3. Kualitas Pelayanan Sudah, Selanjutnya Kualitas Produk

Kualitas produk juara, pastilah dicari banyak pembeli. Apalagi jika harganya pas di kantong. Bisa dipastikan prinsip bisnis seperti ini akan mengakibatkan bisnis laris manis.

Dan Ucok Durian Medan menerapkan prinsip tersebut. Terbukti tempat Ucok Durian Medan selalu ramai setiap harinya oleh pelanggan baru maupun setia. Bahkan ada istilah yang mengatakan, “tidak ke Medan namanya, kalau belum singgah ke Ucok Durian Medan.”

Harga yang ditarifkan bervariatif. Mulai dari Rp25 – 100 ribu untuk satu buah durian. Garansi tak perlu membayar alias gratis juga diberikan ke pelanggan, bila rasa buah tidak enak disantap.

4. Inovasi Dibutuhkan Agar Eksistensi Tetap Tinggi

Saat ini durian tidak hanya bisa dinikmati dengan satu cara. Ucok Durian berikan macam menu baru yang buah durian sebagai bahan dasarnya.

Misalnya roti, es krim bahkan pancake dari durian. Menu baru tersebut biasanya laris manis dibeli sebagai oleh-oleh khas dari Medan.

Selain itu, Bang Zainal juga ciptakan inovasi tak kalah hebat. Bila sebelumnya buah durian utuh tidak pernah dikirim sampai keluar kota, karena memang sifat buah yang mudah rusak atau baunya yang menyengat.

Namun sekarang halangan tersebut dapat dihilangkan. Dengan percobaan yang berulang kali dan terus belajar, akhirnya saat ini buah durian utuh Ucok Durian Medan khas Kota Medan dapat dinikmati untuk mereka yang terpisah jarak. Penerbangan antar kota buah durian utuh Ucok Durian Medan juga dikatakan cukup tinggi. Biasanya dari pelanggan Pulau Jawa.

5. Selalu Ciptakan Marketing Jitu

Trik marketing adalah cara menarik orang untuk datang membeli. Dan itu sangat penting. Misalnya dengan memberikan promo, menawarkan hadiah, atau lainnya. 

Bang Zainal dalam bisnis menjalankan Ucok Durian Medan, memiliki trik marketing yakni bagi orang yang menawarkan tempat Ucok Durian Medan ke orang lain, maka ia akan dapatkan hadiah berupa uang. 

Trik marketing Bang Zainal lainnya adalah, bagaimana bisa lebih dekat lagi ke pelanggan. Caranya dengan membuka cabang di kota-kota lain, seperti Jakarta dan Yogyakarta. Jangan khawatir, kualitas buah durian tetap asli didatangkan dari Medan.

Nah begitulah rangkuman Ajaib mengenai tips belajar bisnis dari Bang Zainal, pebisnis Ucok Durian Medan yang terkenal. Dalam berbisnis, jangan pernah bosan untuk belajar. Selalu haus cari ilmu dan berusaha. Ajaib juga menyediakan banyak artikel yang bisa kamu baca untuk membantu bisnis kamu.

Sumber: Belajar dari Ucok Durian, Dipasok Pikap, Ucok Durian Terus Berjaya!, dan Episode 21 – Belajar Dari Ucok Durian, dengan perubahan seperlunya.





Source link

0 comments on “Ucok Durian Medan Bagi Tips Biar Jalan Bisnis Selalu Manis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *